Mengenal Beberapa Tokoh Ilmu Pengetahuan

Mari kita mengenal beberapa tokoh ahli ilmu pengetahuan yang ilmunya menjadi cikal bakal terlahirnya banyak alat atau teorema - teorema yang bermanfaat untuk kehidupan manusia dari dulu sampai sekarang.

Disini ada beberapa tokoh yang akan kita bahas :

1. Neils Henrik David Bohr ( Swedia, 1885-1962 M )

Seorang ahli fisika dari Swedia yang merupakan orang pertama yang mengemukakan gagasan tentang tingkat - tingkat energi dalam atom. Atas gagasan - gagasannya itu, Neils Henrik David Bohr mendapatkan penghargaan nobel dalam bidang fisika dan kimia pada tahun 1922 M.







2. Andre Marie Ampere ( Perancis, 1775-1836 M )

Fisikawan sekaligus matematikawan yang dianggap sebagai pelopor penemuan - penemuan inti di bidang elektromagnetik. Ia mengemukakan gagasan yang bermanfaat dalam perhitungan medan magnet pada daerah lingkaran tertutup yang mengitari kawat berarus listrik yang dikenal dengan Hukum Ampere. Kemudian namanya diabadikan sebagai satuan arus listrik yaitu Ampere (A).






3. Gustav Robert Kirchoff ( Jerman, 1824-1887 M )

Fisikawan yang memiliki kontribusi besar dalam pemahaman dasar rangkaian listrik, spektroskopik dan emisi radiasi benda hitam dengan benda panas yang terkenal dengan istilah radiasi benda hitam. Kirchoff juga mengemukakan konsep teori rangkaian dan emisi termal yang terkenal dengan Hukum Kirchoff.









4. Charles Babbage ( Inggris, 1791-1871 M )

Menciptakan mesin yang mampu menyelesaikan berbagai jenis operasi aritmetika yang dinamakan Analytical Engine ( 1856 M ). Sebagai mesin pemanipulasi simbol umum serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer modern. Diantaranya adalah penggunaan Punched Card ( sebuah unit memori untuk memasukkan angka dan berbagai elemen dasar komputer lainnya ).







5. Carl Friedrich Gauss ( Jerman, 1777-1855 M )

Pada saat kecil ia telah mampu mengoreksi kesalahan daftar gaji tukang batu ayahnya. Kemudian pada umur 10 tahun ia membuat gurunya terkagum - kagum dengan memberikan rumus untuk menghitung jumlah suatu deret aritmetika yaitu perhitungan deret 1 + 2 + 3 + . . . . + 100. Gauss memberikan beragam kontribusi yang variatif pada bidang matematika, misalnya pada bidang analisis dan geometri.







6. Blaise Pascal ( Perancis, 1623-1662 M )

Minat utama Pascal adalah di bidang filsafat dan agama, sedangkan hobi lain adalah matematika dan geometri proyektif serta fisika lanjutan. Pada usia 12 tahun ia sudah bisa menciptakan sebuah mesin penghitung untuk membantu pekerjaan ayahnya. Bersama dengan Pierre de Fermat, keduanya menemukan sebuah teori tentang probabilitas. Dan Pascal juga menciptakan pola segitiga Pascal.



7. Germain Henri Hess ( Rusia, 1802-1850 M )

Seorang professor di Technological Institude yang mempublikasikan Hukum Hess " Jika suatu reaksi dapat dinyatakan sebagai penjumlahan aljabar dari dua atau lebih reaksi maka kalor reaksi juga merupakan penjumlahan aljabar dari kalor yang menyertai reaksi - reaksi tersebut ".






8. Pier Antonio Micheli ( Italia, 1679-1737 M )

Pada tahun 1729 M membuat buku berjudul Nova Plantarum Generum tentang deskripsi fungi ( jamur ). Pada awalnya fungi dikelompokkan ke dalam kingdom tumbuhan dan bidang keilmuan yang mempelajari tentang fungi ( mycologi ). Karena fungi memiliki karakteristik unik, akhirnya para ahli mycologi mengembangkan kingdom sendiri yaitu kingdom fungi.








9. Antony van Leeuwenhoek ( Belanda, 1623-1721 M )

Dianggap sebagai mikrobiolog pertama karena penemuan sejarah mikrobiologi dengan mikroskop. Antony membuat mikroskop dengan kualitas lensa yang cukup baik, dengan menumpuk lebih banyak lensa sehingga bisa mengamati mikroorganisme yang terdapat pada air hujan yang menggenang dan air jambangan bunga. Organisme yang sangat kecil ini disebut mikroorganisme.




10. Henry G.J. Moseley ( Inggris, 1887-1915 M )

Penemu hubungan sistematis antara panjang gelombang dengan nomor atom menggunakan spektrum sinar X yang dikenal dengan Hukum Moseley. Penemuan tersebut menunjukkan bahwa unsur atom tetap, tetapi memiliki dasar yang dapat diukur melalui eksperimen. Kemudian Moseley menemukan urutan periodik unsur yang disusun berdasarkan kenaikan nomor atomnya.









Semoga bisa menambah wawasan kita dalam belajar dan mengetahui siapa penemu alat dan gagasan - gagasan yang bisa dimanfaatkan sampai sekarang.
Share:

0 komentar:

Arba Wahyu Sejati. Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang di Rumah Visual Kami

Salam hangat dari penulis bagi para pembaca :)
Semoga bisa saling berbagi ilmu


Translate to

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Heroes Myspace Comments

Total Tayangan Halaman