THE WORLD IN OUR HANDS

TECHNOLOGICAL DEVELOPMENT

CONNECTIVITY

PLATFORM

CRYPTO

Program Menghitung Luas Permukaan, Volume dan Keliling Kubus C++

Masih membahas tentang bangun ruang, kali ini akan membahas bagaimana membuat program untuk menghitung Luas Permukaan, Volume dan Keliling Kubus sekaligus ke dalam sebuah program. Tanpa basa-basi lagi langsung kita bahas proses pembuatannya.

Pertama tentukan masing-masing rumus dari luas permukaan, volume dan keliling kubus. Perhatikan rumusnya dibawah ini.

Rumus Luas Permukaan Kubus = 6 x sisi x sisi

Rumus Volume Kubus = sisi x sisi x sisi

Rumus Keliling Kubus = 12 x sisi

Dari rumus diatas, kita hanya membutuhkan 1 variabel utama yaitu s untuk sisi dan 3 variabel lainnya untuk mendeklarasikan luas permukaan, volume dan keliling. Dan hanya butuh 1 tipe data yaitu float. (Jika mau menggunakan tipe data int juga diperbolehkan).

Untuk variabel yang akan kita gunakan bisa perhatikan dibawah ini :
1. s = sisi
2. luasper = luas permukaan
3. volume
4. keliling

Untuk programnya silahkan perhatikan dibawah ini.


Silahkan compile program diatas dengan aplikasi compiler yang ada di laptop atau komputer Anda. Atau bisa dengan menggunakan compiler online di Online GDB.

Jika ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar untuk belajar bersama.
Share:

Program Menghitung Luas Permukaan Balok C++

Masih seputar program menghitung luas bangun ruang, sekarang kita akan menghitung bangun ruang dengan variabel yang lebih banyak dari sebelumnya. Tidak ada perbedaan yang jauh dari yang sebelumnya. Hanya saja variabel yang digunakan lebih banyak lagi dari sebelumnya.

Kali ini kita akan membahas program untuk menghitung luas permukaan balok. Pertama kita perhatikan rumus untuk menghitung luas permukaan balok. Rumus luas permukaan balok bisa dilihat dibawah ini.

Rumus Luas Permukaan Balok = 

2 x (( panjang x lebar ) + ( panjang x tinggi ) + ( lebar x tinggi ))

Nah, dari rumus diatas bisa diketahui variabel apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah program untuk menghitung luas permukaan balok. Variabelnya bisa kita jabarkan seperti yang dibawah ini :
1. p = panjang
2. l = lebar
3. t = tinggi
4. luasper = luas permukaan balok

Jangan lupa tentukan tipe data yang akan digunakan untuk inisialisasi variabel yang diatas. Disini penulis memilih variabel int.

Untuk programnya bisa lihat dibawah ini.


Selalu perhatikan tanda yang ada diprogramnya jika mengalami kendala. Selalu compile programnya menggunakan compiler offline atau compiler online untuk mengetahui apakah penulisan programnya sudah benar atau masih ada kekurangan.

Gunakan << Online GDB>> untuk menjalankan programnya untuk mengetahui apakah program yang kita buat sudah benar atau masih ada kekurangan dalam pengetikannya.

Jika ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar untuk belajar bersama.
Share:

Program Menghitung Volume Tabung C++

Masih membahas tentang pemrograman menggunakan bahasa C++, kali ini akan membuat program untuk menghitung volume sebuah tabung. Tidak berbeda dengan yang sebelumnya, hanya saja ada penambahan variabel untuk proses perhitungannya. Kita cari rumus volume tabung terlebih dahulu.

Rumus Volume Tabung = phi x jari-jari x jari-jari x tinggi


Setelah mengetahui rumus dari volume tabung, sekarang kita tentukan variabel dan tipe data yang akan kita gunakan. Disini penulis menggunakan tipe data float. Untuk variabel bisa di sesuaikan dengan kesenangan pembaca. Kalau penulis akan menggunakan variabel dibawah ini :
1. phi = 3.14
2. r = jari-jari
3. t = tinggi
4. volume

Untuk catatan, nilai phi langsung diisi nilainya karena nilai phi sudah menjadi patokan yaitu 22/7 atau 3.14.

Untuk program silahkan lihat dibawah ini.


Jika ada pertanyaan atau request silahkan isi di kolom komentar untuk belajar bersama.
Share:

Program Menghitung Luas Segitiga C++

Pembahasan baru kali ini request dari beberapa siswa dan beberapa guru yang telah menghubungi penulis. Program kali ini adalah program luas segitiga. Seperti biasa kita tentukan dulu variabel dan tipe data yang akan kita gunakan. Kunci pertama adalah rumus luas segitiga.

Rumus Luas Segitiga = 0.5 x alas x tinggi

Dari rumus diatas kita bisa tentukan varibel dan tipe data yang kita butuhkan. Tipe data yang kita gunakan adalah int dan variabelnya meliputi :
1. a = alas segitiga
2. t = tinggi segitiga
3. luas

Untuk program silahkan lihat dibawah ini.


Perhatikan saat mengetik, jangan sampai kurang tanda petik dua ( " ), titik koma ( ; ), sama dengan ( = ) dan tanda - tanda lainnya karena pengalaman dari teman - teman dan siswa yang praktek sering eror jika program dijalankan. Dan problem yang sering dijumpai adalah adanya kekurangan tanda - tanda yang disebutkan sebelumnya.

Jika ada pertanyaan dan request silahkan isi di kolom komentar untuk belajar bersama.
Share:

Program Menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang C++

Setelah sebelumnya membahas beberapa program perhitungan luas dan keliling bangun ruang, sekarang lanjut contoh program untuk menghitung luas dan keliling persegi panjang. Seperti biasa, kita tentukan dulu variabel dan tipe yang kita butuhkan untuk membuat program.


Rumus Luas Persegi Panjang = panjang x lebar

Rumus Keliling Persegi Panjang = 2 x (panjang + lebar)





Variabel yang dibutuhkan :
1. p = panjang
2. l = lebar
3. luas 
4. keliling

Tipe data yang penulis gunakan adalah int. Selain tipe data yang penulis gunakan, bisa dicoba juga menggunakan tipe data float.

Untuk programnya silahkan lihat dibawah ini.


Untuk mencoba programnya bisa menggunakan online compiler jika tidak memiliki aplikasi compiler di laptop atau PC Anda.


Jika ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar untuk belajar bersama.
Share:

Program Sederhana Bahasa C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an. Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B. Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix.

Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) bahasa pemrograman C menjadi versi dominan. Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded.

Bjarne Stroustrup pada Bel Labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Untuk contoh sederhana untuk program bahasa C++ bisa lihat gambar dibawah ini.


Hasil dari program diatas adalah 4.

Untuk mencoba program diatas bisa menggunakan compiler atau aplikasi bahasa C++ yang tersedia. Atau dengan compiler online yang biasa penulis gunakan yaitu Online GDB.

Jika ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar untuk belajar bersama.

rujukan :
Share:

Program Menghitung Luas Lingkaran C++

Setelah sebelumnya membahas menghitung luas dan keliling persegi, kali ini kita akan membahas program menghitung luas lingkaran. Langsung perhatikan langkah dibawah ini. Seperti biasa kita tentukan dulu variabel dan tipe data apa yang akan kita gunakan. 

Variabel yang kita gunakan :
r = jari-jari
phi = 3.14
luas




Tipe data yang penulis gunakan adalah int dan float.


Nilai phi langsung kita deklarasikan karena nilai phi sudah menjadi nilai patokan yaitu 22/7 atau 3.14.

Jika ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar untuk belajar bersama.
Share:

Program Menghitung Luas dan Keliling Persegi C++

Sedikit tulisan tentang pemrograman dasar yang berfokus pada pembuatan program menggunakan bahasa pemrograman C++. Sering kita jumpai di dunia maya tentang pemrograman menggunakan berbagai bahasa pemrograman untuk membuat suatu aplikasi atau program tertentu.


Untuk saat ini penulis akan membahas tentang bahasa pemrograman C++. Ini berkaitan dengan pekerjaan yang digeluti oleh penulis.

Pemrograman dasar menjadi dasar bagi seorang programmer atau seseorang yang menekuni dunia pemrograman. Karena dengan dasar yang kuat akan bisa membangun logika seorang programmer atau developer dalam membuat suatu program atau aplikasi. Tidak dipungkiri juga bahwa seseorang bisa mahir dalam dunia pemrograman karena bakat yang dimiliki dan atau memang seseorang tersebut berusaha dengan sungguh-sungguh untuk bisa menjadi seorang progammer yang handal.

Nah tidak perlu basa-basi lagi, disini akan dibahas program untuk menghitung Luas dan Keliling Persegi. 

Pertama kita tentukan variabel apa saja yang akan kita gunakan. Disini penulis akan menggunakan variabel s, L dan K.

Keterangan :
s = sisi
L = Luas
K = Keliling

Setelah itu kita tentukan tipe data apa yang akan kita gunakan. Penulis memilih tipe data float agar lebih fleksibel untuk mendapatkan hasil perhitungannya jika ada nilai dibelakang koma.



Semoga bisa membantu proses belajar. Jika ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar untuk belajar bersama.
Share:

[FREE] Facebook Gameroom | Main Game Facebook di Dekstop

Bosan dengan game offline di PC atau laptop? Pengen main game online tapi gak perlu install di PC atau laptop? Mungkin permainan yang ada di facebook bisa menjadi salah satu jawaban selain permainan yang ada pada canggihnya telepon selular saat ini. Kenapa? Karena permainan pada facebook pun telah mengalami perubahan. Lebih tepatnya peningkatan. Apa saja? Tidak hanya tentang banyaknya pilihan permainan dan ragam kategorinya, mulai interface yang biasa ada pada permainan offline dengan ukuran file yang besar, kini pada permainan online sekelas facebook pun sudah tidak seperti dulu. Banyak peningkatan yang telah dilakukan.

Tidak hanya bisa bermain bersama dengan teman-teman secara online seperti biasanya, permainan pada facebook juga memberikan tantangan layaknya permainan online lainnya karena permainan pada facebook telah terintegrasi secara menyeluruh dengan banyaknya akun yang ada pada facebook (layaknya server yang memiliki database dari seluruh dunia).

Menariknya, sekarang permainan yang ada pada facebook bisa diakses melalui dekstop. Sehingga tidak perlu mengakses melalui browser. Pada dasarnya, saat mengakses melalui browser akan terasa berat meski sudah memakai jaringan koneksi yang bisa dibilang memiliki kecepatan kencang.

Jadi lebih baik kita menggunakan aplikasi dekstop untuk mengakses permainan langsung dari server permainan yang ingin kita mainkan. Facebook sendiri, kini telah disediakan aplikasi dekstop yang bisa digunakan untuk mengakses permainan yang ada di facebook langsung ke server permainan.

 Facebook Gameroom. Merupakan aplikasi dekstop yang bisa kita gunakan untuk mengakses semua permainan yang ada pada facebook. Aplikasi ini sangat ringan digunakan dan tidak memerlukan cakupan memori yang besar.

Semua daftar permainan yang pernah kita mainkan akan tersimpan rapi dalam tata interface Facebook Gameroom ini. Permainan yang mana? Permainan facebook yang biasa kita mainkan lewat browser.

File ukuran yang tidak besar dan ringannya permainan (tidak seperti penggunaan flash pada browser) menjadi keunggulan yang diberikan melalui aplikasi ini.

Untuk download silahkan klik Download Facebook Gameroom.

  • Ukuran file kurang dari 1 MB.
  • Proses instalasi mudah dan cepat.
  • Pastikan PC atau laptop terkoneksi dengan internet.
Selamat bermain.
Share:
Arba Wahyu Sejati. Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang di Rumah Visual Kami

Salam hangat dari penulis bagi para pembaca :)
Semoga bisa saling berbagi ilmu


Translate to

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Heroes Myspace Comments

Total Tayangan Halaman