Nikon D4 D-SLR untuk Generasi Baru Dunia Fotografi



Nikon baru saja mengumumkan D4 D-SLR akan menjadi kamera pertama yang memakai memori kartu baru XQD. XQD merupakan penerus CompactFlash, yang sudah lama menjadi standar untuk digunakan pada kamera profesional.  Generasi pertama kartu XQD menjanjikan memberi peningkatan 25 persen kecepatan dibandingkan kartu CF tercepat.





XQD memanfaatkan teknologi PCI Express untuk data, dan dapat menulis file sampai dengan 125 megabyte per detik. Angka tersebut lebih tinggi dari CF. Kartu CF terbaik saat ini memiliki kemampuan menulis hingga 91 megabyte per detik. Kedepan  XQD revisi merencanakan meningkatkan kecepatan hingga 600 megabyte per detik. Jika hal ini benar-benar terjadi tentunya menjadi kabar bagus bagi para fotografer dan videografer.



Kabarnya juga, dengan spesifikasi yang bersaing. Kamera D-SLR Full Frame Nikon D4 ini juga disebut sebagai penantang tangguh Canon EOS 1DX. Kecepatan dengan akurasi menjadi salah satu keunggulan pada Nikon D4 ini. Nikon D4 mampu membidik obyek dengan kecepatan 0,012 detik dan bisa menghasilkan foto dengan format JPEG atau RAW dalam resolusi penuh hingga 10fps. 51-point AF system adalah keunggulan pada kamera ini selanjutnya.

Berdasarkan keterangan resmi dari Nikon. Kamera D-SLR Full Frame Nikon D4 ini akan dipasarkan pada 16 Februari 2012 nanti. Dan juga untuk keterangan resmi soal harga. Nikon D4 dibanderol $5.999 atau £4799 sekitar Rp. 54 Juta. 

Menurut Nikon, kartu akan mampu menulis hingga 100 frame Raw dengan D4 dalam mode pengambilan gambar terus menerus sebelum kamera akan mulai melambat. Satu perhatian untuk dicatat adalah bahwa hanya ada satu dari dua slot di D4 mendukung XQD-slot lain hanya bekerja dengan CompactFlash. Fotografer profesional sering menggunakan slot ganda pada kamera. Ini fungsinya untuk membuat cadangan real-time dari file melalui mirroring. Agaknya mirroring juga berpotensi memperlambat kinerja dari. Namun Nikon belum memberi konfirmasi perilaku ini pada saat ini.

Share:

0 komentar:

Arba Wahyu Sejati. Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang di Rumah Visual Kami

Salam hangat dari penulis bagi para pembaca :)
Semoga bisa saling berbagi ilmu


Translate to

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Heroes Myspace Comments

Total Tayangan Halaman

Blog Archive

Blog Archive